Jumat, 22 Maret 2013

Nikmatnya Harta di Dunia




Memiliki kekayaan berupa harta melimpah tidaklah bisa diperoleh semua orang di dunia ini. Oleh karenanya, jika kita dikaruniai Allah swt. harta yang melimpah di dunia ini namun kita tidak menikmatinya, maka merugilah kita. Bagaimanakah cara menikmati harta di dunia?

Harta dunia yang kita punyai tidak akan dapat kita nikmati jika kita membiarkannya menumpuk di tabungan atau brankas kita. Akan tetapi harta kita hanya akan kita rasakan nikmatnya jika ia kita belanjakan di jalan Allah swt. mengubahnya tidak sekedar memuaskan kebutuhan hidup kita, tapi juga menjadi aset akhirat untuk masa depan kehidupan kita di alam setelah dunia.
Contoh sederhana saja, saat kita memiliki ratusan juta uang. Pasti kita tidak akan pernah bisa menikmatinya jika kita membiarkannya dalam bentuk uang yang kita simpan dengan rapi dan aman. Akan lain ceritanya jika kita kemudian membelanjakan uang tersebut. Kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak kita, membantu yatim dan dhuafa, membangun sarana ibadah serta kegiatan islami, dan sebagainya yang diridhoi Allah swt.

Uang ratusan juga yang dibelanjakan untuk kebaikan itu pasti akan kita rasakan kenikmatannya baik kenikmatan di dunia maupun di akhirat. Karena memang begitulah cara menikmati kenikmatan harta yang diamanahkan Allah swt. kepada manusia. Memanglah benar, harta bukanlah segala-galanya, tapi segala-galanya bisa bergantung pada harta yang kita punya. Kita tidak akan pernah tahu sampai berapa lama kita hidup di dunia. Berantisipasilah agar kita tidak meninggalkan uang yang menumpuk di tabungan, perhiasan yang tersimpan banyak di peti kita sedang kita tidak mempunyai bekal untuk menuju kehidupan Akhirat. Karena harta-harta itu tidak akan menemani kita dalam wujudnya sebagai harta setelah kita mati. Dengan mengamalkan (membelanjakan) harta di jalan Allah swt., maka itulah yang akan menemani kita kembali kepada Rabbul Izzati.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar